Langsung ke konten utama

A Dead Man Feels No Cold s2 c13

Peringatan spoiler untuk yang belum nonton. Dari judulnya saja kita sudah dapat memperkirakan akan ada kejadian apa pada episode kali ini. Akan ada seorang yang mati tanpa merasakan dingin. Siapakah dia?
Beberapa pertanyaan episode lalu sudah terjawab. Bagaimana Victor Friese akan mengambil senjata pembekunya dan membawa pergi istrinya dari GCPD? Ataukah Victor F akan langsung membekukan istrinya di GCPD?
Ternyata pertanyaan-pertanyaan saya diatas salah teman-teman. Kira-kira kronologinya, Victor F langsung pulang dari kantor GCPD. Tanpa mengambil resiko untuk menyelamatkan istrinya dahulu. Ia pulang bukan sekedar pulang. Tapi mengambil tembak pembekunya di rumah. Entah senjatanya tidak disita polisi, atau Victor memang memiliki cadangannya. Nggak usah dibahas dulu empat orang lain yang ngaku sebagai Freezer.
Dimulai dengan GCPD dipimpin Jim Gordon mendatangi Ace Chemicals. Mereka berpikir Victor Fries akan mendatangi tempat ini untuk mengambil Helium Cair. Tapi ternyata mereka telat. Victor Frese sudah pergi dari situ dan meninggalkan para penjaga dalam keadan beku. Terlihat dari es yang membekukannya, kebanyakan mereka beku karena bom helium Victor F. Dan hanya seorang petugas yang ia culik, serta satu orang petugas yang terlihat seperti dibekukan dengan pistol pembekunya, terlihat pula di es tersebut tulisan “Free my Wife”, atau mungkin sebenarnya “Freeze my Wife”.
Bahas Gotham tidak lengkap kalau gak membahas Batman. Bagaimana perkembangan Bruce sampai sekarang? Di sisi lain, tanpa terlibat dengan kasus Mr. Freeze. Lee sedang mewawancarai Bruce, pengantisipasian kejiwaan gitu, deh. Terlihat disini, bagaimana sebenarnya (menurutku) Bruce itu hampir sama seperti penjahat-penjahat Gotham lain, yang melakukan sesuatu yang ekstrem karena obsesi-obsesinya.
Seperti contoh, kasus FishMoney, Marone, Pinguin yang melakukan kejahatan karena ingin menguasai sisi gelap Gotham. Ayahnya calon Scarecrow yang mengambil cairan (yang dekat hati itu apa?) dari orang-orang yang mempunyai phobia, untuk membuat penawar dirinya dan anaknya yang juga mempunyai pobia, dml. Itu semua obsesi, termasuk obsesi Bruce untuk mencari pembunuh orang tuanya. Untungnya masih ada Alfred yang dengan sabar menenangkannya.
Di episode ini juga Alfred mengatakan sudah menemukan pembunuh orang tua Bruce, yaitu “M” Matches Patric Malone. Alfred berencana kalau dia yang akan membunuhkan Match untuk keluarga Wiyne, dan bukanya Bruce. Merasa tidak tepat, Bruce menyuruh Selina untuk mencarikanya pistol untuk membunuh Matches. Tapi, sama seperti Alfred, Selina mengatakan kalau pilihan Bruce belum tepat.
Apakah Pinguin akan melarikan diri dari Hugo Strange dan Arkham? Kalau menurutku, tentu Pinguin akan melarikan diri dari Arkham. Entah dengan cara halus, atau dia akan membunuh orang-orang Arkham terlebih dahulu seperti Hugo dan Peabody. Karena ia telah disiksa oleh mereka dan siapapun yang membuat jengkel Oswald Cobblepot, dia pasti menerima akibatnya.
Hal yang membuat salting itu ketika Penguin duduk bersama narapidana lain yang sedang bermain Bebek Angsa. Dia sempat dimarai Peabody karena tidak mengikuti aturan permainan, yang mana dia harus menjadi Angsa, tapi ia mengaku sebagai Penguin. Dengan ketakutan, Oswald pun menurutinya dengan mental yang hancur.
Apalagi sikap Jim Gordon yang mengacuhkan Penguin. Entah disengaja atau tidak, ucapan Pinguin tentang Jim Gordon adalah pembunuh Theo itu didengarkan leh Hugo.
Bagaimana akhir dari Nora Friese? Karena biasanya orang yang dicintai villian itu meninggal dulu, baru menjadi penjahat yang lebih radikal. Karena GCPD khawatir Victor akan membuat rumah sakit Gotham ambyar, mereka memindahkan Nora ke Arkham untuk mengurangi resiko untuk memancing Mr Freeze. Sadar karena ia hanya dipancing untuk ke Arkham, Victor pun datang ke Arkham dengan cara mengesankan. Memancing GCPD dengan bus yang dikendarai sopir petugas kebersihan dengan tangan membeku dan membobol dinding Arkham dengan membekukannya terlebih dahulu.
Apa yang akan dilakukan Dr Hugo Strange dan Indian Hill selanjutnya? Apakah mereka akan memburu dan menangkap Mr. Freeze untuk membantunya di Indian Hill? Mengetahui Mr. Freeze telah datang ke Arkham, Dr Hugo pun langsung membantunya melewati polisi dengan menutup jalan mereka dan menyelamatkan istrinya. Dengan satu syarat, supaya Mr. Freeze memberinya 1 cartridge formula cryonic-nya. Mr. Freeze pun setuju, dia pun dengan mudah dapat membawa pulang istrinya beserta Lee sebagai dokternya Nora. Bahan ujicoba yang diinginkan Indian Hill pun berhasil didapatkan.
Sampai rumah, Victor F langsung membaringkan istrinya untuk dibekukan. Disini terlihat begitu cintanya Victor pada istrinya, dan begitu baiknya ia pada orang lain. Tapi pada saat Nora telah ia bekukan, ia baru sadar ternyata Nora telah mengganti cartridge-nya dengan yang gagal. Disini terlihat lagi begitu cintanya Victor pada istrinya, dan begitu baiknya ia pada orang lain. Tanpa membekukan Lee dan menyalahkan Lee, ia bunuh diri dengan menyemprotkan gas helium pada tubuhnya.
Kisah Mr. Freeze telah berakhir. Tujuan Indian Hill sudah tercapai. Ancaman Gotham dari musim beku sudah usai. Belum. Ternyata jasad Victor Freeze yang dibawa ke Arkham, dipindah oleh Hugo Strange ke Indian Hill. Victor Freeze pun berhasil dihidupkan dengan dukungan trombosit panasnya yang melebihi normal. Jadi dia hanya bisa hidup di suhu beku. Berbeda dari motivasi Indian Hill biasanya, mereka kayaknya membangkitkan Victor Freeze untuk membantunya membuat racikan helium cair lagi. Karena pihak Indian Hill belum bisa mangenalisisnya.

Di depan ruangan Freeser itu juga terdapat beberapa tabung percobaan yang berisi jasad Theo Galavan yang hampir semua luka-nya hilang. Dan ada sesosok orang berambut pirang merah kehitam-hitaman yang juga berada dalam tabung di sampingnya. Apakah dia Jerome Valeska?
Apakah setelah Victor mendapat setelan beku dari Indian Hill ia akan membantu mereka? Atau malah ia akan mengkhianati mereka dan meninggalkan Indian Hill? Atau ia mencoba bunuh diri lagi? Akankah Indian Hill tanpa menunggu lama dapat menghidupkan mereka? Apalagi yang akan mereka lakukan pada Penguin? Dapatkah Pinguin lari dari mereka?
Apakah dalam waktu dekat Bruce berhasil menemukan Matches dan membunuhnya? Atau paling tidak ia sudah mendapat pistol dan telah bisa menembak? Kita tunggu episode 14.
Maaf kalau semakin panjang. Maaf juga kalau ada penulisan nama, tempat atau cerita yang ternyata salah. Karena itu yang saya tahu dan saya pahami dari episode Gotham kali ini. Tentu saja, saya berharap kritik, saran dan pesan dari kalian. Thanks.


Bantul, 13 Maret 2016
“Kematian Bukanlah Akhir. Kematian adalah Awal dari Kehidupan.” Hugo Strange

Aji Tofa (fb) / @ajiabsrud_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah-Kisah Kebetulan di Fargo

Bagaimana jadinya ketika bapak-bapak korban perundungan tidak sengaja curhat pada seorang pembunuh? Pembunuh itu segera memberi pelajaran pada perundung, mengajak bapak itu bangkit, dan melibatkannya dalam kasus pembunuhan lainnya.      Begitulah Serial Fargo, kata kuncinya adalah “tidak sengaja” yang akhirnya bermuara pada “kasus pembunuhan”. Serial TV ini selalu memberi gimik di awal episode, bahwa diadaptasi dari kejadian nyata, korban yang selamat namanya disamarkan dan bla-bla-bla, seolah ini berasal dari kisah nyata. Tapi terserah kalian mau percaya atau tidak. Yang jelas serial yang telah sampai season 4 ini diadaptasi dari sebuah film dengan judul yang sama “Fargo” yang rilis pada 1996. Film Fargo: latar waktu 1995 Jerry bernegosiasi dengan calon penculik ( sumber gambar )      Film ini bercerita tentang Jerry, seorang menantu resah karena bos yang juga merupakan mertuanya sering menyinggung ketidaksuksesan dirinya. Tanpa sepengetahuan istrinya, si menantu menyewa 2 orang kri

Mati di Jogjakarta beserta Alasannya

Mati di Jogjakarta , sebuah antologi cerpen karya Egha De Latoya. Masih ingat ketika di Bandung akhir tahun 2022, masuk Gramedia aku hanya berpikir bahwa perlu beli buku. Tidak tahu mau beli buku seperti apa, tapi yang jelas adalah buku fiksi. Sederhana, karena buku yang terkahir aku baca (bukan karena suatu tugas atau pekerjaan) adalah buku non fiksi, yaitu Filosofi Teras. Beberapa alasan akhirnya memutuskan untuk membeli buku ini adalah: Kecil dan tidak tebal Mungkin kata “tidak tebal” lebih tepat diganti dengan “tipis”, tapi menurutku buku ini tidak tipis-tipis banget. Ini penting karena sampai tulisan ini aku ketik, aku masih tidak percaya diri akan bisa selesai membaca buku-buku tebal. Sepaket alasan, aku pikir ukuran yang kecil akan memuat tulisan yang tidak terlalu banyak dalam setiap halamannya. Sehingga target minimal membaca 10 halaman setiap hari tidak begitu berat. Remeh banget ya hehe . Aku juga sudah berpikir bahwa buku yang aku beli akan sering masuk tas dan dibaca

Budi Pekerti Coldplay di Plaza Senayan

 Sepuluh hari yang lalu, Rabu 15 November 2023, hari Coldplay tampil di Gelora Bung Karno. Saya jalan ke luar kantor, ke arah kerumunan calon penonton Coldplay, dan memutuskan untuk menonton Film Budi Pekerti di Plaza Senayan. Memang cara orang untuk mendapatkan kesenangan berbeda-beda. Ada orang yang senang dengan melihat artis luar negeri, orang yang berhasil mengundang artis luar negeri, orang yang senang dengan menghibur orang lain, orang yang senang berada dalam kerumunan, orang yang senang ketika berdagang dalam kerumunan, dan saya orang yang saat itu senang menghindari kerumunan. Bioskop di Plaza Senayan barang kali adalah bioskop paling eksklusif yang pernah saya datangi. Sepertinya tidak ada kecurigaan dari satpam melihat kemungkinan saya membawa makanan dalam tas yang berisi grill pan hadiah gathering yang siang itu saya ambil dari kantor. Bioskop pertama yang menolak uang tunai saya untuk membeli tiket. Bagus, padahal nominal yang harus saya bayar adalah 50000. Nominal y